Transaksi Eksperimen Pembuatan Produk Baru (part 2)

Alhamdulillaah.. pada kesempatan hari ini kita lanjutkan kembali pembahasan kita tentang Transaksi Eksperimen Pembuatan Produk Baru.

Pada part 1 telah dijelaskan bagaimana langkah umum alur pembuatan produk baru di Accurate. Sekaranglah saatnya kita mulai rinci beberapa hal yang perlu kita bahas.

Memulai Aktifitas Eksperimen Pembuatan Produk Baru.

Sebaiknya sebelum memulai aktifitas eksperimen, salah satu petugas R&D membuat kartu pesanan yang berisi data produk yang diinginkan dan list kebutuhan bahan baku dan biaya konversi yang masih kosong untuk kemudian nantinya kartu tersebut diisi sesuai dengan real pemakaian bahan dan biaya konversi seiring proses pembuatannya. Setelah selesai, kartu tersebut diinputkan ke Accurate melalui form Job Costing sebagai berikut :

  1. Buka form job costing dari menu [Akivitas] – [Pembiayaan Pesanan] – [Pembiayaan pesanan]. Akan muncul jendela cob costing berikut :

    Isikan beberapa input data di form tersebut :
    a – Nomor Batch
    b – Tanggal mulai pembuatan
    c – Akun sementara untuk menampung nominal proses yang belum selesai
    d – Keterangan
    e – Departemen / Divisi
    f – Isi semua bahan baku, bahan pembantu, dan semua biaya konversinya.
  2. Klik Tombol Simpan dan Tutup

Ketika kita sudah menginput data bahan baku, bahan kemas, dll ke dalam form ini, sudah ada proses akuntansi di dalamnya yaitu mendebit ke Akun sementara penampungan bahan yang sedang dalam proses produksi.

Mencari dan Melihat Daftar Job Costing

Untuk melihat daftar job costing baik yang sedang diproses maupun yang sudah selesai prosesnya cukup mudah. Cukup melihatnya di [daftar] – [Pembiayaan Pesanan] akan muncul daftar Pembiayaan Pesanan sebagai berikut :

Dibagian kiri daftar terdapat alat untuk filter daftar yang dicari.. silahkan ber eksperimen sendiri untuk mencari aktifitas job costing yang diinginkan.

Menyelesaikan Aktifitas Eksperimen

Jika aktifitas eksperimen telah selesai dan kita telah mendapatkan hasil yang diinginkan, maka hasil eksperimen tersebut kita anggap sebagai biaya eksperimen (karena secara nominal, produk hasil eksperimen tersebut tidak memiliki nilai ekonomis).
Caranya aalah sebagai berikut :

  1. Buka di menu : [Aktifitas] – [Pembiayaan Pesanan] – [Penyelesaian Pesanan], akan muncul jendela Penyelesaian Pesanan sebagai berikut :

    isikan :
    No. Pesan : Isikan dengan nomor Batch Job Costing.
    Tanggal : Terisi Otomatis dengan awal mulai aktifitas eksperimen.
    Akun Pembiayaan Pesanan : Terisi otomatis dengan akun tampungan sementara barang sedang dalam proses yang diisikan waktu menginput form Job Costing.
    Keterangan : Terisi otomatis dengan nama proyek eksperimen.
    Total Pembiayaan Pesanan : Otomatis terisi Jumlah nominal biaya eksperimen.
  2. Isikan Tipe penyelesaian dengan to Account, Isikan akunnya dengan Akun Biaya Eksperimen.
  3. Isikan tanggal selesai dengan tanggal selesai ekperimen.
  4. Klik Tombol OK untuk menyelesaikan proses penyelesaian pesanan.

Mencari atau Melacak Akun yang Dihasilkan dari Proses Penyelesaian Pesanan (Roll Over)

Untuk mencari akun yang dihasilkan dari proses penyelesaian pesanan di atas adalah dengan mencarinya di daftar jurnal umum dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka di menu : [Daftar] – [Buku Besar] – [Bukti Jurnal Umum]. Akan tampil jendela Daftra Bukti Jurnal sebagai Berikut :
  2. Cari di kolom Keterangan yang bertuliskan : Cost Roll Over for Job Order no : xxxxx pada tanggal yang sesuai dengan tanggal selesai proses.
  3. Kemudian klik 2x untuk membuka Jurnal Umumnya atau juga bisa jika kita ingin membatalkan / mengahpus proses penyelesaian pesanan dengan cara klk kanan pada daftar Bukti Jurnal dan pilih [Hapus].
  4. Selesai.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan